Kader Posyandu Sidorejo Pelatihan Penanggulangan KEP

administrator 07 Juni 2018 11:17:50 WIB

Pada hari Senin, 04 Januari 2018 di Balai Desa Sidorejo dilaksanakan Bimtek Penanggulangan KEP (Kekurangan Energi Protein) yang diisi oleh Mahasiswa PKL dari Poltekes Kemenkes Yogyakarta. Adapun peserta dari bimtek ini adalah perwakilan dari ibu-ibu kader Posyandu di Desa Sidorejo yang berkisar sekitar 30 orang. Acara Bimtek Penanggulangan KEP ini merupakan rangkaian program kegiatan Mahasiswa PKL Poltekes Kemenkes Yogyakarta di Desa Sidorejo. Sebelumnya pada hari Kamis, 31 Mei 2018 telah diawali dengan pertemuan lintas sektor yang dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Kecamatan Lendah, Pemerintah Desa Sidorejo, Puskesmas Lendah II, P3A, dan sektor lain yang bersinggungan.

 

Bimtek Penanggulangan KEP dilaksanakan satu hari dengan diawali penyampaian materi mengenai penggunaan antropometri, pemberdayaan masyarakat, penanggulangan dan pencegahan KEP, dan pemberian makanan tambahan pada balita. Penyampaian materi berlangsung sampai sekitar Pukul 11.30 WIB. Acara diselingi istirahat dan dilanjutkan lomba masak PMT. Adapun pesertanya adalah ibu-ibu kader yang terbagi dalam 3 kelompok. Setiap kelompok memasak menu yang sama, yaitu nugget tahu, potato ball, dan pudding pepaya. Akan tetapi kreatifitas dari masing-masing kelompoklah yang membuat masakan yang dihasilkan berbeda-beda. Walaupun kegiatan ini dilaksanakan di bulan puasa, akan tetapi semangat ibu-ibu kader perlu diacungi jempol. Mereka nampak antusias dan mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam mengolah bahan makanan yang ada menjadi kudapan yang disukai anak-anak. Alhasil, makanan yang diolahpun nampak lezat dan menggugah selera.

Dalam lomba masak ini dihadirkan pula ibu-ibu yang memiliki balita dengan gizi buruk. Ada 9 ibu yang dihadirkan dalam lomba memasak ini. Harapannya dengan melihat secara langsung proses pengolahan PMT, ibu-ibu yang memiliki balita dengan asupan gizi yang kurang dapat praktek langsung di rumah sehingga makanan yang diberikan pada balitanya adalah makanan yang mengandung nilai gizi. Dengan begitu angka kasus gizi buruk di Desa Sidorejo dapat diminimalisir, sesuai dengan tujuan dari kegiatan pendampingan ini.(Admin SR)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi SIDOREJO

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung