DENGAN SEMANGAT GOTONG-ROYONG NGUDI SEHAT ADAKAN SOSIALISASI KESEHATAN

administrator 23 Mei 2018 13:29:59 WIB

Sidorejo (SID)-Posyandu Lansia “Ngudi Sehat”  Dusun Jurug Desa Sidorejo, yang merupkan sub divisi dari posyandu yang ada di Desa Sidorejo mengadakan acara sosialisasi sadar kesehatan kepada masyarakat dusun jurug. Acara tersebut berlangsung pada hari Senin 21 Mei 2018 bertempat di Gedung Serba Guna Dusun Jurug. Acara yang rata-rata dihadiri oleh lansia warga dusun jurug yang didominasi dengan kaum ibu bertujuan agar terciptanya kesadaran lebih akan kesehatan oleh warga Dusun Jurug khususnya yang memasuki usia lanjut.

                Menurut Ismi Nafiah selaku kader Posyandu Dusun Jurug menegaskan. “ Pada usia lanjut, manusia memiliki resiko lebih besar terkena penyakit dibandingkan usia-usia muda. maka perlu adanya kesadaran dari sendiri untuk menditeksi secara dini dan juga mencegah adanya timbul penyakit dalam diri seseorang melalui pengecekan secara rutin. Untuk itu, sebagai upaya agar terwujudnya peningkatan kesehatan warga masyarakat dusun jurug dan juga saya selaku kader posyandu yang berada di Dusun Jurug ini mengajak pada warga masrarakat dusun jurug hadir pada saat diadakannya posyandu di gedung ini. Agar selajutnya bisa melakukan cek kesehatan berupa cek tekanan darah yang akan diampu oleh petugas kesehatan yang dibantu juga oleh mas mbak karang taruna dalam Posyandu Remaja Garda Semar. Bapak ibu sekalian tidak usah takut untuk cek kesehatan. Cek kesehatan merupakan salah satu indikator untuk mengetahui kondisi yang ada dalam tubuh kita. Apabila tekanan darah pada tubuh kita tidak berada pada kondisi normal, kita bisa mengantisipasi timbulnya penyakit sejak dini,” jelas Ismi.

                Acara tersebut diselenggarakan karena adanya rasa keperihatinan akan kurangnya keadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan terhadap timbulnya penyakit dari dalam diri sendiri. Diharapkan setelah adanya acara tersebut tingkat kesadaran masyarakat dalam mencegah timbulnya penyakit dalam diri lebih meningkat dam juga timbulnya masyarakat dengan gaya hidup sehat. Mengingat sebelum diadakan acara tersebut telah diadakannya deklarasi tentang kawasan bebas asap rokok yang ada di Dusun Jurug. Selain itu juga perhatian lebih terhadap kesehatan ibu hamil dan juga tumbuh kembang balita.

                Selain acara sosisalisasi sadar kesehatan, acara yang berlangsung kebetulan bertepatan dengan adanya Bulan Suci Ramadhan 1439 H juga diadakan buka bersama dan juga pengajian menjelang buka puasa. Pengajian menjelang buka puasa sendiri diisi tausiah dari Bapak Ustadz Amin Ma’ruf dari Desa Srikayangan. Selain meningkatkan kesehatan jasmani melalui gaya hidup sehat, juga perlu adanya peningkatan kesehatan rohani melalui siraman rohani untuk bekal manusia hidup di alam akhirat. Dengan mengangkat tema jihad umat manusia masa kini terselip juga pesan-pesan nasionalisme bahwasanya berjihad tidak harus berperang maupun meledakkan bom seperti jamaah radikal melainkan jihad terhadap hawa nafsu diri sendiri dan juga bermanfaat bagi orang lain merupakan jihad yang sesungguhnya dijalan Allah.

                 Menurut Riswawan Dukuh Jurug yang ditemui seusai acara menuturkan jika acara ini terwujud karena kerjasama serta gotong royong dari berbagai pihak. Acara semacam ini juga dimaksudkan untuk menjalin tali silaturahmi antar warga masyarakat Dusun Jurug juga mengingatkan tentang pentingnya kesadaran pribadi akan keseatan. Beliau berharap agar acara semacam ini bisa berlangsung secara terus-menerus. Tak lupa beliau juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang berperan atas terselenggaranya acara terutama kepada Ukkt Arjuna yang selalu siap mendukung setiap acara yang berlangsung di Dusun Jurug ini.  (AK)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi SIDOREJO

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung