Bendung Sapon Menawarkan Sensasi Wisata Sungai Progo

Iiq 08 April 2018 21:29:12 WIB

Peresmian Bendung Sapon belum sampai lima tahun, namun tempat ini sudah menjadi destinasi wisata untuk daerah sekitar.
 
Sejumlah fasilitas sudah melengkapi destinasi wisata Bendung Sapon. Dari mulai jembatan kecil di atas bendungan yang menghubungkan Kab. Bantul dengan Kab. Kulonprogo, sebuah taman kecil di sebelah selatan bendungan, hingga sungai-sungai kecil yang berasal dari sungai Progo untuk dialirkan ke sawah-sawah. Belum lagi, luasnya hamparan sungai yang melebar sekira 80 meter yang membelah Bantul dan Kulonprogo menjadi dua.
 
Selain tempatnya yang indah dan nyaman, bila Anda mengajak anak-anak, Bendung Sapon juga menyediakan fasilitas outbond. Tepat di sebelah selatan taman Bendung Sapon ada sebidang tanah yang sudah tersedia perlengakapan outbond. Dari tali-temali sampai permainan yang terbuat dari ban yang ditata rapi, semua ada.
 
Dari sini, di bawah rerimbunan semak pepohonan jati yang sejuk, luasnya air yang melintasi Sungai Progo bisa dinikmati.
 
Bila Anda hobi memancing, dari atas tempat ini anda bisa menyalurkan hobi memancing. Dari mulai ikan sogo, bawal, sidat, beles, nila, semua ada.
 
Belum puas? Anda masih bisa berfoto dan melihat-lihat saluran irigasi Bendung Sapon. Dari atas Bendungan Anda bisa melihat hilir-mudik yang melewati jembatan. Anda juga bisa melihat pintu-pintu air yang membagi dan mengatur air dari atasnya. Jika Anda ingin bermain air, Anda bisa turun ke bawah melewati tangga dari atas ke bawah.
 
Jika Anda lelah bisa beristirahat di pendopo yang ada di barat bendungan. Dari tempat ini terlihat sebuah taman yang asri di bawah jembatan.
 
Di samping pendopo ada sebuah galeri batik hasil dari oengrajin di Sidorejo. Dari baju, kain, sarung, pakaian dewasa dan anak, dari yang batik cap hingga batik tulis, semuanya ada.
 
Saat sore hari, Anda bisa dimanjakan lidah dengan aneka jajanan. Banyak pedagang menjajakan dagangannya di sini. Siomay, batagor, gorengan, dan masih banyak lagi.
 
Pendek kata, jika Anda menginginkan wisata murah meriah, bahkan gratis, Bendung Sapon adalah tempat yang layak dikunjungi. Tentu Anda butuh beberap rupiah untuk sekedar berbelanja dan membeli bekal.

Komentar atas Bendung Sapon Menawarkan Sensasi Wisata Sungai Progo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi SIDOREJO

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung