Kekompakan & Kebersamaan Pamong Desa Sidorejo dalam kethoprak “ Alap-Alap Proboretno”

Om_Boedy 06 November 2017 08:44:58 WIB

Suksesnya pentas kethoprak yang diselenggarakan hari Sabtu, 4 November 2017 kemarin di Pedukuhan Karang, tidak terlepas dari peran serta berbagai pihak terutama dari para pamong desa Sidorejo.  Dengan rasa kebersamaan dan kekompakan Pamong desa, Babinsa, Babinkamtibmas dan unsur kelembagaan yang ada, terselenggaralah acara tersebut dengan persiapan dalam waktu kurang lebih 2 minggu.

Pentas Kethoprak dengan lakon “Alap-alap Proboretno” diselenggarakan dalam rangka hari sumpah pemuda dan wujud nyata kepedulian Pamong Desa sebagai salah satu desa budaya untuk melestarikan dan menghidupkan seni Kethoprak.

Kethoprak tersebut menceritakan petualangan seorang pemuda bernama Panji Pulangjiwo yang mencari pekerjaan diwilayah Adipati Probokusumo diperankan oleh Kepala Desa Sidorejo Bpk Sutrisna.  Dengan dibarengi kisah cinta Panji Pulangjiwo dengan Purti Proboretno menjadikan kethoprak itu semakin dipadati oleh penonton, apalagi para pamong juga menampilkan bakat terpendam dengan perannya masing-masing. 

Kepala desa Sidorejo berharap kebersamaan dan kekompakan yang tercermin dalam Pentas kethoprak tersebut  juga dapat terjaga dalam kehidupan sehari-hari antara Pamong dengan pamong lainnya, pamong dengan warga serta seluruh warga masyarakat Sidorejo pada umumnya.

Selengkapnya tentang kethoprak “Alap-alap Proboretno”

Pendapuk / Dalang  (Kuntiyono), Pranoto Gending (Karsono), Rinenggo Waranggono (Marsiyem, Sudalmi), Keprak (Giyono), Sesepuh (Budi Prasetyo)

Pemeran : Adipati Probo Kusumo (Sutrisna), Patih Rekso Projo (Parjiyo), Proboretno (Purwanti), Tumenggung Surengpati (Waldi), Tumenggung Sureng Yudo (Wagiyo), Senopati Derpoyudo (Suyadi), Senopati Derpopati (Aris Suharyono), Adipati Sosro Wacono (Sugiyanto), Adipati Somalewo (Budi Prasetyo), Panji Pulang jiwo (Sutriyono), Patih Setyo Projo (Suparno), Tumenggung Wito Radyo (Sutaryono), Tumenggung Guno Saronto (Rubiman), Tumenggung Suro Agul-agul (Muh. Hidayat), Nujum Cokro Wongso (Tukiran), Sultan Agung Cokrokeumo (Waluyo), Patih Singoranu (Mukri Wiyarjo), Tumenggung Suromerto (Rismawan), Tumenggung Surontani (M. Agus), Demang mloyo (Wajiyo), Demang Jetis (R. Wahyu Adi Nugroho), Demang Siluk (Sunardiyanto), Demang Megiri (Warsidi), Dagelan (Wakidi), Emban (Tini, Rusmiyati).

Komentar atas Kekompakan & Kebersamaan Pamong Desa Sidorejo dalam kethoprak “ Alap-Alap Proboretno”

Thoyib 06 November 2017 09:40:45 WIB
Mantap.. pamong desa berbudaya

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi SIDOREJO

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung