Gelar Potensi Desa Budaya "Wiwitan"

Om_Boedy 29 Oktober 2017 21:57:31 WIB

Desa Sidorejo menjadi salah satu peserta dalam acara Gelar Potensi Desa Budaya yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo pada hari minggu, 1 oktober 2017 tepatnya digelar diLapangan Kepek, Pengasih, Kulon Progo.

Dalam acara tesebut, desa  Sidorejo menampilkan pentas seni tradisi “Wiwitan” yang mana merupakan tradisi yang masih hidup dan lestari di wilayah Sidorejo terutama diwilayah Pedukuhan Geden.  Wiwitan merupakan upacara tradisi yang dulunya turun temurun dilakukan oleh keluarga petani. Wiwitan biasa dilakukan menjelang musim panen atau diawal musim panen padi.

Makna dari tradisi wiwitan, sejatinya adalah panjatan doa dan ungkapan syukur atas limpahan hasil panen dari Yang Maha Kuasa. Tapi dari kacamata yang berbeda, tradisi wiwitan sesungguhnya juga bisa dimaknai sebagai sarana atau media terjalinnya interaksi sosial diantara para petani serta hubungan keselarasan antara petani pemilik lahan dengan alam.

Prosesi wiwitan, terbagi dalam dua bagian. Dalam hal ritual, seperti lazimnya sesaji, ada tetua kampung ataupun mbah kaum yang biasanya memimpin doa lalu diteruskan dengan pemotongan batang padi yang pertama sebagai pertanda proses panen padi bisa segera dilakukan. Dan yang kedua, adalah proses makan bersama. Ubo rampe berupa nasi tumpeng, sayur kluwih, urap atau kluban, pelas, telur, tempe tahu goreng, rese (ikan asin) dan peyek segera dibagi-bagikan dalam bungkus daun pisang dan daun jati. Yang menarik, semua yang hadir tanpa kecuali mendapat jatah makanan yang sama. Dan bisa ikut bersantap menu tradisional di tengah sawah, dan diakhiri dengan pentas seni sebagai ungkapan rasa kegembiraan.

Gambaran seperti itulah yang berusaha ditampilkan oleh seniman-seniman dari desa Sidorejo yang diprakarsai Pengurus Desa Budaya Sidorejo dan sampai berita ini diterbitkan masih menunggu hasil penilaian Tim Yuri dari Dinas Kebudayaan.

Video Selengkapnya bisa dilihat dihttps://www.youtube.com/watch?v=KG4Q6TSpau8

Komentar atas Gelar Potensi Desa Budaya "Wiwitan"

Waluya djati 30 Oktober 2017 12:55:12 WIB
Wiwitan...emang perlu dilestarikan sebagai aset budaya.......
30 Oktober 2017 12:53:51 WIB
Wiwitan...emang perlu dilestarikan sebagai aset budaya.......

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi SIDOREJO

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung